Sukses !

SMP Muhammadiyah 1 Surakarta
Favorit School...
Selasa, 25 Februari 2014

Study Ke Bandung









Contoh karya Tulis- Study Ke Bandung



Karya Tulis

Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Tugas dan Syarat GunaMengikuti Ulangan Semester Gasal Kelas XII Program Ilmu Pengetahuan Sosial Madrasah Aliyah Negeri Sukoharjo
Tahun pelajaran 2012/2013
           





Disusun oleh :
NAMA           :  Andreanto Hermawan
                         NO                 : 04
                        KELAS          : XI IPS 2




Madrasah Aliyah Negeri Sukoharjo
Jalan K. H Samanhudin, Jetis, Sukoharjo
Telepon (0271)591114



Pengesahan


Karya Tulis ini disetujui oleh pembimbing karya tulis dan disahkan oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri Sukoharjo.







            Hari                 :
            Tanggal           :
            waktu              :














                Kepala sekolah                                                           Pembimbing





           Drs. Abdul Aziz Fahrudin                                           Dra. Suwarti
           NIP: 195603141985121001                                        NIP:














Moto

1. Belajar adalah kunci sukses
2. Ilmu adalah harta yang abadi dan takkan hilang begitu saja.
3. Kegagalan adalah tanda-tanda keberhasilan
4. Lebih baik berkorban dari pada gagal.
5. Carilah ilmu walaupun sampai ke negeri Cina.
6. Perbuatan nyata itu lebih baik dari pada kata-kata.
7. Membaca buku membuka cakrawala dunia.
8. Setiap orang adalah arsitek bagi sukses hidupnya.
9. Jangan takut salah sebelum memulai suatu pekerjaan.
10. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan.



































Persembahan

            Laporan karya tulis ini, penulis persembahkan kepada :

1.      Ayah dan ibu yang telah membiayai dan memberi izin karya wista ke
Bandung.
2.      Bapak Drs. H. Abdul Aziz Fahrudin selaku kepala madrasah
yang telah memberikan izin kepada kami untuk menyusun
karya tulis ini.
3.      Bapak/ Ibu Guru MAN 1 Sukoharjo yang mendampingi karya wisata.
4.   Ibu Suwarti  selaku pembimbing pembuatan karya tulis ini.
      5.   Ibu Niken Sumartini sebagai walikelas XI IPS 2
      6.   Kakak-kakak kelas XII yang kami banggakan.
      7.   Para pembaca yang budiman








































Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr. Wb

            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga Karya Tulis dengan judul “ Rihlah MAN Sukoharjo” dapat terselesaikan  dengan baik. Tak lupa salam serta sholawat tetap tercurahkan kepada Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW.
            Karya Tulis ini terselesaikan berkat bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada :
            1. Bapak Drs. Abdul Aziz Fahruddin selaku kepala madrasah.
            2. Ibu Suwarti yang telah memberikan petunjuk dalam karya tulis ini.
            3. Rekan – rekan yang telah memberikan dorongan dan motifasi kepada
                Kami.

            Dalam penyusunan Karya Tulis ini tidak luput dari kekliruan dan kekurangan maka dari itu saya mohon kritik dan saran dari para pembaca untuk kesempurnaan dari Karya Tulis ini. Semoga Karya Tulis ini bermanfaat bagi diri saya sendiri dan umumnya pembaca yang budiman.

Wassalamu’alaikumwr,wb



                                                                                    Sukoharjo,………………..


                                                                                                Penulis




 Andreanto Hermawan  

















Daftar Isi

Halaman Judul.................................................................................         i

Halaman Pengesahan....................................................................         ii

Halaman Moto..................................................................................         iii

Halaman Persembahan ................................................................         iv

Kata Pengantar ...............................................................................         v

Daftar Isi.............................................................................................         vi

Bab I    Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah......................................................         1

B. Pembatasan Obyek Wisata...................................................         2

C. Metode Pengumpulan data..................................................         2

D. Tujuan Penulisan..................................................................         3

E. Manfaat Penulisan................................................................         3

F. Sistematika Penulisan...........................................................         3

Bab II   Pembahasan

A.    UIN Yogyakarta ………………………………………….          5
B.     Pantai Glagah ……………………………………………..         10
C.     Cibaduyut …………………………………………………         11
D.    Museum Geologi ………………………………………….         12
E.     Museum Konfernsi Asia Afrika (KAA) ………………….          13
Bab III  Penutup

A. Kesimpulan..........................................................................         15

B. Saran- saran..........................................................................         16

C. Lampiran..............................................................................         17

Daftar Pustaka





Bab 1
Pendahuluan

            Pengertian study tour adalah merupakan kegiatan yang erat kaitannya dengan pelajaran,oleh karena itu study tour mempunyai arti penting bagi siswa dalam membentuk sikap dan cakrawala pandang.
            Dengan adanya study tour siswa diharapkan lebih mencintai lingkungan alam. Selain untuk mengetahui dan menikmati keindahan – keindahan lingkungan alam, siswa juga harus mengetahui nama tempat yang di lihat dan kegunaan tempat  tersebutDengan diadakan study tour ini nantinya sebagai motivasi agar siswa mampu atau mau memikirkan lingkungan sekitarnya.
            Di samping pengertian diatas berdasarkan kurikulum sekolah menengah akhir Madrasah Aliyah Negeri 1 Sukoharjo, bahwa untuk mengetahui syarat Ebtanas, sekolah menengah akhir Madrasah Aliyah Negeri 1 Sukoharjo. Tahun pelajaran 2012/2013 maka siswa-siswi kelas dua diwajibkan untuk ikut serta dalam kegiatan karya wisata yang di adakan oleh sekolahansesudah test semester kedua atau genap dilaksanakan, setiap siswa maka wajib untuk mengumpulkan karya tulis ini.

A.   Latar Belakang Karya Wisata
            Atas data yang penulis peroleh, saya memberi judul “ Laporan karya wisata ke Bandung “ yang berdasarkan pengalaman penulis selama mengikuti karya wisata. Selain itu juga sebagai syarat untuk naik ke kelas XII, penulis juga mempunyai tujuan sebagai berikut :
      1.  Untuk mengetahui keadaan obyek-obyek di Bandung.
      2.  Untuk menerangkan antara teori dan praktek.
3Penulis ingin memperoleh data-data yang cukup jelas tentang keadaan obyek wisata di Bandung.
            Oleh karena itu penulis akan memberitahukan sekilas obyek wisata di Bndung di buku laporan karya waisata ini. Melalui karya wisata ini penulis dapat menyampaikan apa penulis lihat dalam study tour ke Bandung.
B.   Pembatasan obyek wisata
            Karya wisata yang diadakan oleh sekolah sudah terlaksana dengan lancar dan baik tanpa ada halangan apapunBerbagai obyek wisata di Bandung yang sudah kami kunjungi antara lain:
a.       UIN Yogyakarta
b.      Pantai Glagah
c.       Ceater
d.      Museum Geologi
e.       Museum KAA(Konferensi Asia Afrika)
f.       Cibaduyut
            Obyek wisata yang kami kunjungi ini termasuk juga obyek wisata yang sudah dikenal oleh khalayak umumDan karena waktu dan biaya yang ada kami hanya bisa mengunjungi ke enam objek wisata di Bandung.

C.   Metode Pengumpulan Data
            Metode adalah suatu cara penulis untuk mengamati wisatakemudian mencatat hal yang perluUntuk menyelesaikan laporan pendidikan semester genap ini penulis berusaha untuk memperoleh data-data sebagai bahan-bahan dalam penyusunan karya tulisAdapun cara yang digunakan untuk memperoleh data dan menyusun karya tulis ini sebagai berikut:
1.      Metode observasi (metode pengamatan secara langsung)
            Penulis mengamati obyek-obyek wisata, kemudian mencatat hal-hal yang penulis anggap penting.
2.      Metode Study Pustaka
            Metode penelitian dimana penulis mencari buku sumber yang berhubungan dengan objek yang ditulis
3.      Metode Interview
            Penulis mengadakan tanya jawab dengan pemandu mengenai obyek wisata yang kami kunjungi agar karya tulis dapat tersusun dengan baik.
           
D.   Tujuan Penulisan                                                       
             Dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan di sekolah khususnya kejujuran diadakan penyusunan kegiatan karya tulis yang diutamakan bagi siswa-siswi kalas XII yang akan menempuh evaluasi belajar tahap akhir tahun ajaran 2012/2013 adapun tujuan penyusunan karya tulis iniadalah sebagai beriukut:
1. Untuk memenuhi persyaratan dalam menempuh UAN/UAS Tahun 2012/2013
2. Untuk menerangkan antara teori yang penulis dapat dengan praktaek nyata.
            3. Melatih penulis dalam menyusun karya tulis.
            4. Penulis ingin mendiskripsikan obyek-obyek yang pernah penulis kunjungi.
            5. Sebagai bekal untuk digunakan kejujuran yang paling tinggi.

E.   Manfaat Penulisan
             Pengadaan karya wisata ini guna untuk siswa-siswi yang belum memgetahui keadaan alam atau wisata yang ada didaerah kota lain ataupun provinsi lain. Maka manfaat yang dapat kita ambil  sebagai berikut:
             1. Menambah ilmu pengetahuan.
             2. Menambah wawasan.
             3. Menghibur siswa-siswi dan sekaligus untuk belajar.
             Karya wisata ini guna melengkapi syarat UAN/UAS Tahun ajaran 2012/2013 bagi kami.

F.    Sistematika Penulisan  
             Didalam penyajian karya tulis ini penulis berusaha untuk memenagkan masalah yang penulis kemukakan dengan sejelas jelasnya, untuk itu penulis membagi karya tulis ini menjadi beberapa sistamatika antara lain:
Bab I Pendahuluan
             Menerangkan segala sesuatu yang berhubungan dengan karya tulis ini diantaranya menganai alasan pemilihan judul, tujuan pengamatan, metode pengumpulan data dan sistematika.
Bab II Keadaan di Bandung
             Didalam bab ini mencakup tentang keadaan di Bandung yang berisi sejarah singkat, dan keindahan alamnya.
Bab III Penutup
             Bab ini merupakan penutup dalam penyusunan karya tulis yang diantaranya memuat tentang  hal-hal yang telah diuraikan di muka kemudian mengenai saran-saran yang sekiranya dapat bagi para pembaca.
                       










                                                                          








BAB II
Pembahasan
A.   UIN Yogyakarta
            Merupakan kunjungan pertama dalam study tour kami, UIN merupakan Perguruan tinggi Islam yang sudah lama. Disana terdapat berbagai fasilitas terdapat banyak gedung- gedung yang merupakan macam-macam fakultas. Disana kita memasuki ruang aula yang berisikan sejarah UIN yang di ceritakan seorang pemandu dari UIN. Berikut beberapa aspek yang kami catat sebagai bahan Karya Tulis.
Periode Kebersamaan dan Kesejahteraan
Berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor : B.II/3/16522/2010 Tanggal 6 Desember 2010, Guru Besar Fakultas Ushuluddin, Studi Agama dan Pemikiran Islam diberi tugas tambahan sebagai Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta masa jabatan 2010-2014. Periode di bawah kepemimpinan Prof. Dr. H. Musa Asy’arie dibantu oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag., Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag., Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Akhmad Rifa’i, M.Phil. dan Pembantu Rektor Bidang Kerja sama Prof. Dr. H. Siswanto Masruri, MA.
Beberapa Fakultas UIN Yogyakarta :
1.      Fakultas Syari'ah
Fakultas Syari'ah UIN Sunan Kalijaga merupakan fakultas Syari'ah yang tertua di Indonesia dan telah berusia lebih dari setengah abad.
Visi Fakultas Syari'ah adalah menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi di bidang ilmu syari'ah yang berwawasan ke        Indonesiaan, kelimuan yang maju dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan akhlakul karimah untuk memajukan peradaban dan memperkaya kebudayaan umat manusia pada umumnya dan bangsa Indonesia pada khususnya.
Fakultas Syari'ah memiliki enam jurusan/ program studi, yaitu:
  1. Al-Ahwal al-Syakhsyiyyah/Hukum Keluarga
  2. Perbandingan Madzhab dan Hukum
  3. Jinayah Siyasah/Hukum Pidana dan Ketatanegaraan Islam
  4. Muamalat/Hukum Perdata dan Bisnis Islam
  5. Keuangan Islam
  6. Ilmu Hukum

2 .Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sains dan Teknologi resmi dibuka seiring dengan perubahan IAIN Sunan Kalijaga menjadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2004 -2005. Dengan mencanangkan konsep ZIKR (Zero basedIman,Konsisten dan Result oriented) sebagai orientasinya. Fakultas Sains dan Teknologi membuka enam program studi ditambah empat program studi yang sebelumnya berada di Fakultas Tarbiyah, yaitu:
  1. Matematika
  2. Fisika
  3. Kimia
  4. Biologi
  5. Teknik Informatika
  6. Teknik Industri
  7. Pendidikan Matematika
  8. Pendidikan Kimia
  9. Pendidikan Biologi
  10. Pendidikan Fisika
Visi :
Unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan pendidikan keislaman dan keilmuan.
Misi :
  1. Mengembangkan Pendidikan berbasis keislaman, IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni) dan keindonesiaan.
  2. Mengembangkan budaya ijtihad dalam penelitian di bidang pendidikan.
  3. Meningkatkan peran pendidikan dalam masyarakat, kebudayaan nasional dan peradaban.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama di bidang pendidikan.
3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam.
Perbankan syariah menjadi pusat perhatian karena tingkat pertumbuhannya yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu muncul juga berbagai praktik ekonomi Islam non-lembaga keuangan syariah saat ini, seperti lembaga pengelola zakat, infak dan shadaqah pemerintah/Kementerian Agama maupun swasta); lembaga penelitian dan konsultan ekonomi Islam; Kementerian Keuangan juga telah mengelola sukuk, saham syariah, dan reksadana syariah; bahkan Bank Indonesia telah mendorong industri perbankan syariah untuk lebih berperan dalam industri perbankan nasional. Hal ini menunjukkan bahwa ekonomi Islam telah meluaskan baik spektrum kajian maupun praktiknya untuk menapaki babak baru sebagai ekonomi mainstream.
VISI
Unggul dan terkemuka dalam pengembangan ilmu ekonomi dan bisnis Islam untuk kemajuan peradaban.
MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang sesuai dengan kebutuhan pasar global.
  2. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran ilmu ekonomi dan bisnis Islam, yang didasarkan pada etika keislaman dan entrepreneurship secara multidisipliner yang bermanfaat bagi kepentingan akademik dan masyarakat.
  3. Meningkatkan peran serta dalam pemberdayaan masyarakat melalui bidang keilmuan untuk mewujudkan kesejahteraan stakeholder melalui pengembangan jejaring kerjasama dengan industri, pemerintah, regulator dan pihak-pihak lain.
FASILITAS
  1. Bridging Course (Pelatihan Bahasa Asing/Inggris untuk persiapan Pengajaran Bahasa Asing/Inggris).
  2. Laboratorium perbankan Syariah.
  3. Laboratorium komputer yang dilengkapi dengan berbagai software guna mendukung praktikum mata kuliah akuntansi dan statistik.
  4. Laboratorium pasar modal Syariah
  5. Free hotspot area
  6. Ruang kuliah ber-AC dan dilengkapi dengan LCD
  7. Perpustakaan digi





B.   Pantai Glagah Pemandangan Laguna
Merupakan kunjungan yang ke dua setelah dari UIN Yogyakarta yang akan kami buat sebagai bahan karya tulis. Pantai Glagah Sebuah dataran pantai yang lapang akan segera menyapa jika berkunjung ke Pantai Glagah. Kelapangan dataran pantai ini memberi kesempatan untuk merentangkan pandangan ke seluruh penjuru. Merentang pandangan ke depan, anda bisa melihat garis horizon maha panjang yang mempertemukan langit dan lautan. Sementara keindahan kelokan garis pantai akan memanjakan mata bila mengalihkan pandangan ke barat atau timur.
Dataran pantai yang lapang dan garis pantai yang panjang juga memberikan  sejumlah lokasi alternatif untuk melihat keindahan pemandangan pantai. Masing-masing lokasi seolah memiliki nuansa yang berbeda walau masih terletak dalam satu kawasan. Di setiap lokasi itu, anda bisa menikmati seluruh keindahan pantai dengan leluasa, sama sekali tak ada karang-karang raksasa yang kadang menghalangi pandangan mata.
Kita bahkan bisa menikmati fasilitas agrowisata pantai dengan mengunjungi perkebunan Kusumo Wanadri. Di sana, anda bisa mengamati proses budidaya beragam tanaman obat mujarab, seperti buah naga dan bunga roselle. Selain itu, anda juga bisa menyewa gethek, kano dan bebek dayung yang bisa digunakan untuk tur menyusuri laguna atau sekedar menyeberang lewat jembatan kayu menuju lokasi gundukan pasir di tepi pantai.
Disana kami mengamati cara untuk membudidayakan buah naga, membudidayakan buah naga gampang gampang susah butuh ketelitian dan ekstra sabar karena hanya panen satu kali dalam satu tahun berikut cara mambudidayakan buah naga:
1.      Persyaratan Tumbuh Tanam
Ditanam di dataran rendah, pada ketinggian 20 – 500 m diatas permukaan iaut. Kondisi tanah yang gembur, porous, banyak mengandung bahan organik clan banyak mengandung unsur hara, pH tanah 5 – 7.  Air cukup tersedia, karena tanaman ini peka terhadap kekeringan dan akan membusuk bila kelebihan air Membutuhkan penyinaran cahaya matahari penuh, untuk mempercepat proses pembungaan
2.      Persiapan Lahan
Persiapkan tiang penopang untuk tegakan tanaman,  karena tanaman ini tidak mempunyai batang primer yang kokoh. Dapat menggunakan tiang dari kayu atau beton dengan ukuran 10 cm x 10 cm dengan tinggi 2 meter, yang ditancapikan ke tanah sedalam 50 cm. Ujung bagian atas dari tiang penyangga diberi besi yang berbentulk lingkaran untulk penopang dari cabang tanaman. Sebulan sebelum tanam, terlebi dahulu dibuatkan Wbang tanan dengan ukuran 40 x 40 x 40 cm dengan jarak tanam 2 m x 2,5 m, sehingga dalam 1 hektar terdapat sekitar 2000 lubang tanam penyangga
 Setiap tiang/pohon penyangga itu dibuat 3 – 4 Lubang tanarn dengan jarak sekitar 30 cm dari tian penyangga.Lubang tanam tersebut kemudian diberi pupuk kandang yang masak sebanyak 5 – 10 kg dicampur dengan tanah
3.      Persiapan bibit dan penanaman
Buah naga dapat diperbanyak dengan cara :
Stek dan Biji
Umumnya ditanam dengan stek dibutuhkan bahan batang tanaman dengan panjang 25 – 30 cm yang ditanam dalam polybag dengan media tanam berupa campuran tanah, pasir clan pupuk kandang  dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
Setelah bibit berumur ? 3 bulan bibit siap dipindah/ditanam di lahan.
4.      Pemeliharaan
Pengairan
            Pada tahap awal perturnbuhan pengairan dilakukan 1 – 2 hari sekali. pemberian air berlebihan akan menyebabkan terjadinya pembusukan
Pemupukan
       Pernupukan tanaman diberikan pupuk kandang, dengan interval pemberian 3 bulan sekali, sebanyak   5 – 10 Kg.
Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)     Sementara    belum ditemukan adanya serangan hama clan penyakit yang potensial. Pembersilhan lahan atau pengendalian gulma dilakukan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanama.
Pemangkasan
Batang utama ( primer ) dipangkas, setelah tinggi mencapai tiang penyangga ( sekitar 2 m ), clan ditumbuhkan 2 cabang sekunder, kemudian dari masing-masing cabang sekunder dipangkas lagi clan ditumbuhkan 2cabang tersier yang berfungsi sebagai cabang produksi.

5.      Panen
Setelah tanaman umur 1,5 – 2 tahun, mulai berbunga dan berbuah. Pemanenan pada tanaman buah naga dilakukan pada buah yang memiliki ciri – ciri warna kulit merah mengkilap, jumbai/ sisik berubah warna dari hijau menjadi kernerahan. Pemanenan dilakulkan dengan menggunakan gunting, buah dapat dipanen saat buah mencapai umur 50 hari terhitung sejak bunga mekar.
Untuk menikmati keseluruhan keindahan pemandangan pantai Glagah, anda bisa melaju melintasi dua alternatif jalan. Pertama, berjalan ke selatan melewati jalan Bantul dan berbelok ke kanan menuju jalur Bantul - Purworejo setelah sampai di Palbapang. Kedua, berjalan ke barat melewati lintasan jalan Yogyakarta - Wates - Purworejo dan berbelok ke kiri setelah menjumpai plang menuju Pantai Glagah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk lebih mudah mengaksesnya.
Perjalanan ke pantai ini tidak sesulit perjalanan menuju pantai di wilayah Gunung Kidul. Jalan-jalan yang dilalui cenderung datar dan tak banyak tanjakan sehingga anda bisa menempuhnya sambil bersantai. Lintasan menuju kota Purworejo itu juga menghubungkan Pantai Glagah dengan pantai-pantai lain di Kabupaten Kulon Progo. Jadi, sekali mengayuh dayung, dua tiga pulau terlampaui, anda bisa mengunjungi pantai-pantai lain setelahnya.











C.   Cibaduyut
            Cibaduyut Terkenal dengan Sepatu, tas dan dompet merupakan salah satu asesoris yang selalu digunakan dan dibawa baik bagi pria maupun wanita. Bandung merupakan salah satu sentral pembuatan asesoris tersebut. Tepatnya berada di Cibaduyut BandungCibaduyut pun dikenal sebagai deretan toko terpanjang di Asia. Hasil produk sepatu cibayudut tidak kalah dengan merek luar negeri. Buktinya dengan banyaknya turis domestik yang datang ke            sini.
            Cibaduyut Bandung berada di daerah selatan Bandung kira kira dari pusat kota sekitar 30 menit. Kawasan ini awalnya terkenal dengan sentral sepatu kulit.
Untuk menuju ke Cibaduyut tidak sulit. Di tandai dengan patung sepatu yang besar di depan perempatan sebelum memasuki jalan Cibaduyut Bandung. Dengan adanya patung yang Sepatu memudahkan untuk para pengunjung untuk bisa sampai ke cibaduyut bandung, karena patung sepatu merupakan lambang atau ciri khas dari jalan cibaduyut dan patung sepatu satu-satunya yang ada di kota Bandung. Pantung sepatu cibaduyut merupakan akses pintu masuk menuju dari jalan Cibaduyut Bandung.
            Kalau kita masuk ke dalamnya, kita dapat menemukan lebih banyak lagi. Ada pakaian termasuk jaket kulit, tas kulit, tas gendong, dompet, ikat pinggang, boneka, sandal, bahan kulit untuk mebuat sepatu atau sendal dan lain-lain.
            Keistimewaan dari cibaduyut adalah bagi anda yang ingin membeli sepatu dengan model yang anda inginkan anda bisa melakukan pemesanan. Harganya pun bervariasi, mulai dari beberapa puluh ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah. Harganya pun bisa di tawar. Dengan kualitas yang bagus juga. Mangkanya deangan kualitas yang terjamin prodak dari cibaduyut sangat terkenal hingga ke Asia.

Berbagai oleh-oleh ciri khas kota bandung bisa anda dapatkan disini, seperti penyeum, dodol, opak , dan lain-lain.







D.   MUSEUM GEOLOGI
            Sejarah Nuseum Geologi sangat erat kaitannya dengan sejarah penyelidikan Geologi Indonesia yang mulai sekitar tahun 1855 M lembaga mengukur di naskah penyelidikan geologi pada waktu itu berkedudukan di Bogor (1852-1866), kemudian pindah ke Jakarta (1866-1924) dan pada 1924 pindah ke Bandung yaitu Gedung Gouvec semakin meningkat Contoh: Batuan Mineral untuk dan Fosil yang dikumpulkan dari berbagai wilayah di Indonesia untuk diselidiki di laboratorium semakin banyak.
            Berbagai contoh tersebut memperlukan tempat khusus untuk mendokumentasiakannya kemudian timbul suatu gagasan untuk memperlihatkan koleksi gedung yang diperlukan bagi laboratorium dan Museum Geologi pembrand straat Bandung , Gielogi ini dirancang dengan gayaderstek  ”Art deco” oleh arsitek belanda Menal  Davar  Schowanbrag  pada tanggal    16 Maret 1929 bertepatan dengan kongres  IP PASIV  yang ke IV Museum Geologi resmi dengan nama Geologi Saha Museum peranggan pada waktu itu sangat lah sederhana dimana berbagai koleksi Museum Geologi yang disimpan didalam lamari kaca.
            Tiap koleksi tempat ditemukan dan kolektornya sisten meskipun peranan Museum Geologi tahun 1998 relatif sama, seprti itu pada waktu Museum Geologi untuk pertama kali  diresmikan tetapi pengunjung  Museum Geologi banyak sekali pemandangannya juga menarik sekali, karena sudah banyak siswa-siswi yang mengunjungi kesana. 



















E.    Museum Konfernsi Asia Afrika (KAA)
            Sejarah berdirinya Konferensi Asia Afrika dibuka sejak diresmikan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 18 April 1995 dan ada beberapa pertimbangan dasar yang mengisi, dasar-dasar pertimbangan itu antara lain :
1.      Memiliki persamaan nasib dan sejarah, yaitu pada umumnya pernah menderita akibat penindasan imperalisme Barat.
2.      Makin meningkatnya kesadaran bangsa asia afrika yang terjajah untuk memperoleh kemerdekaannya .
3.      Situasi internasional/ pada masa itu diliputi oleh kecemasan adanya perlombaan senjata antara blok barat dan blok timur.
4.      Kecemasan akibat munculnya perang atom
Persatuan dan solidaritas serta menjadi kerja sama untuk mengatasi masalah-masalah pembangunan ekonomi, social, pendidikan, dan kebudayaan. Dibawah ini ada beberapa tujuan Konferensi Asia Afrika :
1.      Memajukan kerjasama antara bangsa-bangsa Asia Afrika di lapangan social, ekonomi, dan kebudayaan.
2.      Memberantas rasdiskriminasi dan kolonialisme.
3.      Memperbesar peranan Asia Afrika didunia dan diikut sertalan memperusahakan perdamaian dunia.
                       Lima Negara PEMRAKARSA  tersebut ialah :
1.      Perdana Menteri Indonesia           : Mr.Alisastro Amidjoyo
2.      Perdana Menteri India                  : Sbri pandit jawa narla inabru
3.      Perdana Menteri Srilangka            : Sirjohin Kotewla
4.      Perdana Menteri Pakistan             : Mohammad Li
5.      Perdana Menteri Bruma                :                                  
-Ketua konferensi                               : Mr. Alisastro Amidjiyo,
-Sekretaris jendral konferensi             : Fusian Abdul Gani
- Ketua Komite Kebudayaan              : Mr. Moh. Yamin
-Ketua Komite Ekonomi                     : Prof.Ir.Rosano
        Hmbatan-hambatan yang dialami selama Konferensi adalah sebagai berikut:
1.      Pandangan politik yang berbeda-beda yaitu ada Negara barat Filiphina, Muangta, Pakistan, Iran, Turki, dan Jepang. Ada Negara prokomunis yaitu RRC dan Vietnam Utara.
2.      Negara yang tidak blok barat maupun blok timur yaitu Indonesia, India, Srilangka, Bruma, Mesir dan Irak.
3.      Negara-negara yang lain belum menampakkan pandangan polotiknya keputusan-keputusan yang dihasilkan dalam Konferensi Asia Afrika adalah sabagai berikut.
Contoh: Kulaktif mengusahakan perdamaian dunia.    
Bab III
Penutup

            Atas berkat rahmat Allah SWT yang telah memberikan hidayah dan inayah-Nya kapada kita semua sehinngga kami dapat menyalesaikan tugas dan kewajiban kami dalam rangka membuat karya tulis yang merupakan persyaratan, dalam mengikuti ujian akhir semester nanti pada tahun ajaran 2012/2013 dengan selamat tidak ada suatu halangan apapun sehingga kami dapat menyusun karya tulis ini dengan baik.
            Dan kami mengucapkan semoga buku karya tulis ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi para pembaca. Saya juga tidak lupa minta saran-saran dan kritikan yang bersifat membangun sebulum dan sesudahnya saya sebagai penyusun karya tulis ini mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu didalam menyusun karya tulis ini.
            Saya sebagai penyusun tidak lupa minta maaf kepada para pembaca apabila didalam menyusun dan menulis karya tulis ini melakukan kesalahan-kesalahan. Dan apabila didalam menyusun karya tulis ini di dalamnya ada kata-kata yang kurang berkenan di hati para pembaca, sekali lagi kami minta maaf yang sebesar-besarnya.

A. Kesimpulan
            Setelah penulis melaksanakan praktek atau karya wisata ke Bandung, berdasarkan data-data dan keterangan serta pengalaman yang penulis peroleh maka, kami dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1.      Obyek wisata di Bandung di bangun dengan megah bukan hanya untuk
 Melengkapi keindahan kota saja, melainkan obyek itu dibangun untuk     pengetahuan masyarakat Indonesia.
2.      Daya tampung sejarah kotaBandung ada yang dibuka sebagai tempat pariwisata,
            agar masyarakat mengetahui pentingnya sejarah  perjuangan bangsa.
3.      Dengan adanya ungkapan yang bersih, teratur, rapi, panorama yang demikian ini akan menjadikan orang ingin menikmatinya dengan nyaman.
4.      Selain wisatawan manca negara dan domestik dapat menikmati keindahan obyek di Bandung, peenduduk disekitar obyek-obyek tersebut juga dapat berjualan berbagai macam oleh-oleh dan souvenir yang dapat meningkatkan taraf hidupnya.
5.      Obyek wisata di Bandung memang semuanya bersih, indah, rapi, sehingga
            pengunjung merasa puas.



B.   Saran-saran
             Karena keperluan kami dalam hal ini. Penyusun laporan dalam pelaksanaan karya wisata ini hanya sedikit saran-saran yang menyangkut yang dapat mendorong dan berguna bagi daerah Bandung dan sekitarnya yang telah dikunjungi bersama rombongan Madrasah Aliyah Negeri 1 Sukoharjo khususnya. Berdasarkan hasil penelitian yang saya jalankan selama mengikuti study tour berlangsung maka penulis mengajuka saran-saran sebagai berikut :
            1. Pengunjung hendaknya mendapatkan pelayana yang menyenangkan, oleh karana itu setiap obyek hendaknya diucapkan yang bersifat untuk dipamerkan pemeliharaan juga penting dilakukan sehingga tidak mengecewakan pengunjung.
            2. Obyek-obyek itu di perbaharui atau di tingkatkan lebih menarik perhatian para pengunjung dan menarik bagi wismassehingga dapat menambah penghasilan dan devisa Negara.
            3. Obyek-obyek yang sifatnya sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesina hendaknya dijaga kemurnian dan kebersihan lingkungan.
            Demikian harapan dansaran-saran dari saya sehingga dapat berkenan dihati para pembaca dan mendapat perhatian dari beberapa pihak. Adik-adikku kelas VII dan kelas VIIIkhususnya di MTs Negeri 1 Sukoharjo. Janganlah bosan-bosan membaca buku-buku pelajaran, pengetahuan ataupun karya tulis ini, dan penulis mengharap karya tulis ini dapat bermanfaat atau berguna bagi kalian semua, dan semuanya dan semuanya belajarlah yang rajin agar tercapai cita-citanya., karena kita semua masih tahap belajar.


















Daftar Pustaka


Anipudin-Delik Iskandar-Ending Jahruddin. 2005. Cermat Berbahasa 3. Solo: PT.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Heru Prasetyo, Esroq. 2005. Bahasa dan sastra Indonesia. Surakrta

Umar, Husen. 1999. Metode Penelitian Untuk Karya Tulis. Jakarta: Fajar Interpretama Offset.

www.Goggle.com

0 komentar:

Posting Komentar

berbahagia

 
Toggle Footer